Senin, 07 Desember 2015

doc.matas.504.HUKUM DAGING QURBAN DI MEMAKAN SENDIRI




Ifa Dallua
6 September pukul 18:23

As'salamu'alaykum wr wb.
Sy mau tnx pd anda pr ustad dn ustad.
Ada seorang yg menyembeleh kambing niatx berqurban kemudian daging trsebut tdk di kasih kn pd orang2x di sekitarx / tetanga... Akan tetapi malah di mkn sendri brsm keluargax...! Apa kh hal yg seperti ini di perboleh kn...!
Mohon jwabanx dn trimakasih

Jawaban:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai beberapa jawaban sebagai berikut, Diantaranya :

Di jawab oleh: Balqis Fitri

 Waalaikumussalam wr wb... jika seseorang berqurban yang sunnah, ia atau keluarganya boleh makan sebagian daging qurban itu, bahkan sun­nah. Namun jika qurban yang dilakukan adalah qurban wajib, misalnya karena dinadzarkan, ia dan keluarganya tak boleh makan sedikit pun dari daging hewan qurban itu.

Di jawab oleh : Atama Paya

Kalo melihat pertanyaan ningku Ifa Dallua
 bahwa qurban tersebut adalah qurban sunnah, maka sebagian ulama memperbolehkan daging qurban tersebut dimakan sendiri bersama keluarganya.


والقصد من التضحية اراقة الدم مع ارفاق المساكين بادنى جزء منها غير تافه, وقد حصل هذا المقصود فلا وجه للضمان على ان جماعة من اكابر اصحابنا كابي العباس بن سريج وابي العباس بن القاص والاصطخرى وابن الوكيل قالوا انه يجوز له اكل الجميع ولا يجب عليه التصدق بشيء منها,ونقله ابن القاص عن نص الشافعي رضي الله تبارك وتعالى عنه لان القصد بالتضحية اتم.
●الفتاوى الفقهية الكبر ٤/ ٢٥٣●

Dengan ini para musyawirin bersama dewan Tahkim MATAS Menyimpulkan sebagai berikut :
Berdasarkan uraian di atas jika seseorang berqurban yang sunnah, ia atau keluarganya boleh makan sebagian daging qurban itu, bahkan sun­nah. Namun jika qurban yang dilakukan adalah qurban wajib, misalnya karena dinadzarkan, ia dan keluarganya tak boleh makan sedikit pun dari daging hewan qurban itu.


=================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN :
Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolom muawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/52966270719470
Link documen:
https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas504hukum-daging-qurban-di-memakan-sendiri/533343623493278/?refid=18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar