Rabu, 09 Desember 2015

doc.matas.571.HUKUM WANITA KELUAR PAKE PARFUM.



Ach Alfaroby
27 Mei
asslamualaikum wr wbmh mf sblmya kpd pra gru dan sesepuh dan shbat2 mts smua ada titipan prtyaandri shbtku bgai mana hkumnya wanita memke minyak wangi dan prgi ke tmpt ramisprti undgn/psar ?dan apkh sma hkumya klo prgi sndirian dan prgi sma mahromya??mhn pnjlsnya trmksh wsslamualaikum wr wb

Jawaban :
Wassalamualaikum wr wb

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM Setelah kitamusyawah bersama member MATASdanparaasatidz walAsatidzah dan Dewan TahkimMatasmempunyai beberapa jawabansebagai berikut,Diantaranya :

Di jawab oleh : JubirMatas
HUKUM MEMAKAI MINYAK WANGI DAN BERHIAS UNTUKPEREMPUAN

Ketahuilahbahwa keluarnya seorang perempuan dalam keadaan berhias atau memakai minyakwangi dengan keadaan menutup aurat hukumnya makruh tanzih, tidak haram. Hal itumenjadi haram jika perempuan tersebutbertujuan untuk pamer (mendapatkan pandangan mata) dari kaum laki-laki; artinyabertujuan membuat fitnah terhadap mereka.

IbnuHibban[58], al-Hakim[59], an-Nasa’i[60], al-Baihaqi[61] meriwayatkan dalam babkemakruhan kaum perempuan untuk memakai minyak wangi, juga diriwayatkan olehAbu Dawud[62] dari Abi Musa al-‘Asy’ari dengan marfu’ kepada Rasulullah, iabersabda:
أيما امرأة استعطرت فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية
(Perempuanmanapun memakai wewangian kemudian lewat pada suatu kaum (laki-laki) agaramereka mendapati baunya maka ia seorang pelaku zina).


Di jawaboleh : NailaMazaya Maya
Waalaikum salam...

jikawanita tsb bukan termasuk amnulfitan mk tdk boleh keluar sendirian, harusbersama mahromnya atau bersama2 perempuan lain
وقرن في بيوتكن ولا تبرجن تبرج الجاهلية الاولى.

krnkemulya'an dan kehormatan wanita adlh menetap dirumahnya...
Nabibersabda

ليس للمرأة نصيب في الخروج الا المضطرة، وليس لها نصيب فيالطريق الا الحواشى
رواه الطبراني في الكبير
tdkada bagian bagi perempuan untuk keluar kecuali terpaksa, dan juga tdk adabagian dijalan kecuali bersama2,


Di jawaboleh : AtamaPaya

hukumnya adalah haram.

وذهب ابن كثير رحمه الله الى ان المراة منهية عن كل شيء يلفتالنظر اليها او يحرك شهوة الرجال نحوه ومن ذلك انها تنهى عن التعطر و التطيب عندخروجها من بيتها فيشم الرجال طيبها.
(روائع البيان ٢/ ١٦٧ )


 Di jawab oleh : Guz Zein

Dr hasil comentar di ats dpt saya simpulkn sebagai brikut.
·      
1- tidak boleh / haram bgi wanita yg keluar rumah memakai parfum yg sekiranyabisa membangkitkn syahwat lki2 yg di temuinya.
Rosululloh bersabda

أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ فَمَرَّتْ عَلَىقَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ
·      
“Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-lakiagar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalahseorang pelacur.” (HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad. dalam ShahihulJami’ , no. 323

Bahkn apbila keluarnya wanita tsbt darirumahnya memakai parfum dg niat ingin di perhatikan lki 2, mk wanita tsbt aknmendptkn dosa nya ZINA MATA. spt halnya yg di fatwakn oleh imam Al munawi
Al-Munawi rahimahullah berkata,

والمرأة إذا استعطرت فمرت بالمجلس فقد هيجت شهوة الرجالبعطرها وحملتهم على النظر إليها، فكل من ينظر إليها فقد زنا بعينه، ويحصل لها إثمٌلأنها حملته على النظر إليها وشوشت قلبه، فإذن هي سببُ زناه بالعين، فهي أيضاًزانية

“Wanita jika memakai parfum kemudian melewati majelis (sekumpulan) laki-lakimaka ia bisa membangkitkan syahwat laki-laki dan mendorong mereka untuk melihatkepadanya. Setiap yang melihat kepadanya maka matanya telah berzina. Wanitatersebut mendapat dosa karena memancing pandangan kepadanya dan membuat hatilaki-laki tidak tenang. Jadi, ia adalah penyebab zina mata dan ia pezina.”(Faidhul Qadir, 5:27, Makatabah At-Tijariyah, cet. 1, 1356 H, Al-MaktabahAsy-Syamilah)

 2- BOLEH bagi wanita yg keluar rumah dgmemakai parfum. Nmn dg syarat parfumnya tsbt harus yg baunya ringan / tdkmenyengat hidung. Dg tujuan hanya sekedar ingin menghilanhkn bau badan sj. Krnparfum jg ada yg husus untuk wanita.
Rosul bersabda

إن طيبالرجال ما خفي لونه وظهر ريحه ، وطيب النساء ما ظهر لونه وخفي ريحه

“Wewangianseorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tapi tampak bau harumnya.Sedangkan wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidakbegitu nampak.” (HR. Baihaqi dalam Syu’abul Iman, no.7564; hadits hasan. Lihat:Fiqh Sunnah lin Nisa’, hlm. 387)
 Dlm hal ini Al-Munawi rahimahullahberkata,

وطيب النساء ما ظهر لونه وخفي ريحه) قالوا: هذا فيمنتخرج من بيتها وإلا فلتطيب بما شاءت

“Maksud dari ‘wewangian perempuan adalah yang warnanya jelas namun baunya tidakbegitu nampak’. Ulama berkata, ‘Ini bagi perempuan yang hendak keluar darirumahnya. Jika tidak, ia bisa memakai parfum sekehendak hatinya.’” (SyarhAsy-Syama’il, 2:5)


=================================

DEMIKIANYANG DAPAT KAMISIMPULKAN SEBELUM DANSESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KE KHILAFAN DANKESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAM

MUSYAWWIRIN:

MemberGroupMajlisTa'lim Assalafiyah(MATAS)

PENELITI:
(1).Ustadz Guz Zein
(2).Ustadz  Lutfi Jaya
(3).Ustadz Jubir Matas
(4).Ustadz  Atama Paya
(5).Ustadz  TahkimMatas
(6).Ustadz Addul musryd
(7).Ustadz Achmad Sultoni
(8).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(9).Ustadzah  Naila Mazaya Maya

EDITOR: Ustadz Achmad sultoni
Kolommusawwirin :
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/479203742240600/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar