Senin, 26 Oktober 2015

doc.matas 221. HUKUM BEKERJA KEPADA ORANG NON MUSLIM

Hasil gambar untuk bekerja ke cina

OLEH Sultoni Arobbi
13 jam

Haryadi Ptra Lamsell
4 April pukul 11:49

assalamu alaikum
ustad dan temen2 mau nyatanyah.. Bagaimana hukumnya bekerja kepada orang kafir. haram napah bunten.. halal Napah kadih-ponapah_??

Jawaban :

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum bekerja ke pada non muslim yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Haryadi Ptra Lamsell Adalah berkesimpulan sebagai berikut :

Di jawab oleh Al- Ustad : Abdul Ghofur Masykur
Menurut pendapat yang paling shahih pada madzhab Syafi’i boleh sedang madzhab Hanbali sepakat membolehkannya.

MADZHAB SYAFI’I
ﻓﺮﻉ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺄﺟﺮ ﺍﻟﻜﺎﻓﺮ ﻣﺴﻠﻤﺎً ﻋﻠﻰﻋﻤﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺬﻣﺔ ﻛﺪﻳﻦ ﻓﻲ ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺄﺟﺮﻩ ﺑﻌﻴﻨﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻷﺻﺢ ﺣﺮﺍً ﻛﺎﻥ ﺃﻭﻋﺒﺪﺍ
“Diperbolehkan non muslim menyewa orang muslim untuk mengerjakan sesuatu yang masih ada dalam tanggungan (masih akan dikerjakan kemudian) sebagaimana orang muslim boleh membeli sesuatu dari orang non muslim dengan bayaran yang masih ada dalam tanggungan (hutang), dan diperbolehkan orang muslim boleh menyewakan dirinya (tubuh/tenaganya) kepada orang non muslim menurut pendapat yang paling shahih baik ia merdeka atau sahaya”

Raudhah at-Thoolibiin I/403
ﻓﺮﻉ ( ﻗﺎﻝ ﺃﺻﺤﺎﻧﺒﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﺴﺘﺄﺟﺮﺍﻟﻜﺎﻓﺮ ﻣﺴﻠﻤﺎ ﻋﻠﻰ ﻋﻤﻞ ﻓﻲ ﺍﻟﺬﻣﺔ ﺑﻼﺧﻼﻑ ﻛﻤﺎ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺸﺘﺮﻯ ﻣﻨﻪ ﺷﻴﺌﺎ ﺑﺜﻤﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺬﻣﺔ ﻭﻫﻞ ﻳﺠﻮﺯﻟﻠﻤﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺆﺟﺮ ﻧﻔﺴﻪ ﻟﻜﺎﻓﺮ ﺇﺟﺎﺭﺓﻋﻠﻰ ﻋﻴﻨﻪ ﻓﻴﻪ ﻃﺮﻳﻘﺎﻥ ﻣﺸﻬﻮﺭﺍﻥ ﺫﻛﺮﻫﻤﺎ ﺍﻟﻤﺼﻨﻒ ﻓﻲ ﺃﻭﻝ ﻛﺘﺎﺏﺍﻻﺟﺎﺭﺓ )ﺃﺻﺤﻬﻤﺎ ( ﺍﻟﺠﻮﺍﺯ
“Para pengikut imam Syafi’I berpendapat bahwa orang non muslim boleh menyewa orang muslim untuk mengerjakan sesuatu yang masih ada dalam tanggungan (masih akan dikerjakan kemudian) sebagaimana orang muslim boleh membeli sesuatu dari orang non muslim  dengan bayaran yang masih ada dalam tanggungan (hutang). Tentang kebolehan sewa menyewa ini, tidak ada seorangpun yang berbeda pendapat. Lalu, apakah orang muslim boleh menyewakan dirinya (tubuh/tenaganya) kepada orang non muslim? Dalam permasalah ini ada dua pendapat yang masyhur. Kedua pendapat itu disebutkan ole mushannif di awal kirab Ijârah. Akan tetapi, pendapat yang paling shahih adalah pendapat yang mengatakan boleh."

Al-Majmuu’ ala Syarh al-Muhadzdzab IX/359
MADZHAB HANBALI ( 3181 )
ﻓَﺼْﻞٌ : ﻭَﻟَﻮْ ﺃَﺟَّﺮَ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻧَﻔْﺴَﻪُ ﻟِﺬِﻣِّﻲِّ ، ﻟِﻌَﻤَﻞٍ ﻓِﻲ ﺫِﻣَّﺘِﻪِ ، ﺻَﺢَّ ؛ } ﻟِﺄَﻥَّﻋَﻠِﻴًّﺎ ، ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﺃَﺟَﺮَ ﻧَﻔْﺴَﻪُ ﻣِﻦْ ﻳَﻬُﻮﺩِﻱٍّ ، ﻳَﺴْﺘَﻘِﻲ ﻟَﻪُ ﻛُﻞَّ ﺩَﻟْﻮٍ ﺑِﺘَﻤْﺮَﺓٍ ،ﻭَﺃَﺗَﻰ ﺑِﺬَﻟِﻚَ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﺄَﻛَﻠَﻪُ{ ﻭَﻓَﻌَﻞَ ﺫَﻟِﻚَ ﺭَﺟُﻞٌ ﻣِﻦْ ﺍﻟْﺄَﻧْﺼَﺎﺭِ ، ﻭَﺃَﺗَﻰ ﺑِﻪِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲَّ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻓَﻠَﻢْ ﻳُﻨْﻜِﺮْﻩُ .ﻭَﻟِﺄَﻥَّﻩُ ﻟَﺎ ﺻَﻐَﺎﺭَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻓِﻲﺫَﻟِﻚَ . ﻭَﺇِﻥْ ﺍﺳْﺘَﺄْﺟَﺮُﻩَ ﻓِﻲ ﻣُﺪَّﺓٍ ، ﻛَﻴَﻮْﻡٍ ، ﺃَﻭْ ﺷَﻬْﺮٍ ﻓَﻔِﻴﻪِ ﻭَﺟْﻬَﺎﻥِ ؛ ﺃَﺣَﺪُﻫُﻢَﺍ ، ﻟَﺎ ﻳَﺼِﺢُّ ؛ﻟِﺄَﻥَّ ﻓِﻴﻪِ ﺍﺳْﺘِﻴﻠَﺎﺀً ﻋَﻠَﻴْﻪِ ، ﻭَﺻَﻐَﺎﺭًﺍ ، ﺃَﺷْﺒَﻪَﺍﻟﺸِّﺮَﺍﺀَ .ﻭَﺍﻟﺜَّﺎﻥﻱِ ، ﻳَﺼِﺢُّ . ﻭَﻫُﻮَ ﺃَﻭْﻟَﻰ ؛ ﻟِﺄَﻥَّ ﺫَﻟِﻚَ ﻋَﻤَﻞٌ ﻓِﻲ ﻣُﻘَﺎﺑَﻠَﺔِ ﻋِﻮَﺽٍ ،ﺃَﺷْﺒَﻪَ ﺍﻟْﻌَﻤَﻞَ ﻓِﻲ ﺫِﻣَّﺘِﻪِ ، ﻭَﻟَﺎ ﻳُﺸْﺒِﻪُﺍﻟْﻤِﻠْﻚَ ؛ ﻟِﺄَﻥَّ ﺍﻟْﻤِﻠْﻚَ ﻳَﻘْﺘَﻀِﻲ ﺳُﻠْﻄَﺎﻧًﺎ ،ﻭَﺍﺳْﺘِﺪَﺍﻣَﺔً ، ﻭَﺗَﺼَﺮُّﻑﺍً ﺑِﺄَﻧْﻮَﺍﻉِ ﺍﻟﺘَّﺼَﺮُّﻓَﺎﺕِ ﻓِﻲ ﺭَﻗَﺒَﺘِﻪِ ، ﺑِﺨِﻠَﺎﻑِ ﺍﻟْﺈِﺟَﺎﺭَﺓِ .

Berdasarkan jawaban di atas kesimpulannya boleh bekerja dan jual beli dengan orng non muslim.


============================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

 EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
 Kolom musawwirin  : https://m2.facebook.com/groups/297908517036791?view=permalink&id=454083854752589&refid=18&_ft_&_rdr
Link asal:
https://www.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas-231-hukum-bekerja-kepada-orang-non-muslim/460845897409718

Tidak ada komentar:

Posting Komentar