Rabu, 28 Oktober 2015

doc.matas.275.HUKUM SHALAT SUNNAT SEBELUM MENGODOK HUTANG SHALAT FARDHO

Hasil gambar untuk punya hutang sholAT


Sultoni Arobbi
16 Mei pukul 21:23

Sultoni Arobbi
23 Januari
Assalamualaykum wrb. Apa benar kita haram melakukan solat2 sunnah jika kita masih punya hutang solat fardho lalu bagaimana cra mengatasi masalah tersbut...???

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum melakukan solat2 sunnah jika kita masih punya hutang solat fardho ..yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Sultoni Arobbi
kesimpulannya sebagai berikut :

Di jawab Oleh : Al-Ustad @Tinta Hitam

Bila saat meninggalkan sholat fardhunyadahulu karena udzur (alasan yang dterimaagama) maka SAH dan tidak haram sholatsunatnya, tetapi bila saat meninggalkansholat fardhunya dahulu tanpa adanyaudzur maka haram baginya mengerjakanSHOLAT SUNAH namun sah sholatsunahnya menurut Ibn Hajar, tetapimenurut Imam Zarkasy sholat sunahnyajuga tidak SAH.
( ﻭﻳﺒﺎﺩﺭ ) ﻣﻦ ﻣﺮ ( ﺑﻔﺎﺋﺖ ) ﻭﺟﻮﺑﺎ ﺇﻥ ﻓﺎﺕ ﺑﻼﻋﺬﺭ ﻓﻴﻠﺰﻣﻪ ﺍﻟﻘﻀﺎﺀ ﻓﻮﺭﺍﻗﺎﻝ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰﻭﺍﻟﺬﻱ ﻳﻈﻬﺮ ﺃﻧﻪ ﻳﻠﺰﻣﻪ ﺻﺮﻑ ﺟﻤﻴﻊ ﺯﻣﻨﻪﻟﻠﻘﻀﺎﺀ ﻣﺎ ﻋﺪﺍ ﻣﺎ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﻟﺼﺮﻓﻪ ﻓﻴﻤﺎ ﻻ ﺑﺪ ﻣﻨﻪﻭﺃﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ ﻭﻳﺒﺎﺩﺭ ﺑﻪ ﻧﺪﺑﺎ ﺇﻥ ﻓﺎﺕﺑﻌﺬﺭ ﻛﻨﻮﻡ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﺪ ﺑﻪ ﻭﻧﺴﻴﺎﻥ ﻛﺬﻟﻚ) ﻗﻮﻟﻪ: ﻭﺃﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺘﻄﻮﻉ) ﺃﻱ ﻣﻊ ﺻﺤﺘﻪ،ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻠﺰﺭﻛﺸﻲ.

Dan diwajibkan kepada orang yang telahdisebutkan (Muslim yang mukallaf lagiyang suci) untuk mengqadhakan shalatyang tertinggal. Jika meninggalkan shalattanpa keuzuran (alasan yang diterima olehagama) maka diwajibkan kepadanya untukmengqadhanya dengan segera.

Syaikhuna Ahmad bin Hajar rahimahullahberkata : “Secara dhahir bahwa wajibterhadap seseorang yang meninggalkanshalat tanpa uzur menggunakan seluruhwaktu mengqadha shalatnya selain waktuyang wajib untuk memenuhikebutuhannya dan haram terhadapnyamengerjakan shalat sunat”.

Haram terhadapnya mengerjakan shalatsunat,namun sholatnya menurut IbnHajar sah berbeda menurut pendapat az-Zarkasy.Disunatkan menyegerakan qadha jikatertinggal shalatnya karena ada uzurseperti tidur yang tidak disengaja dan jugalupa. I’aanah at-Thoolibiin I/32

Jubir Matas Jadi kesimpulannya dari berbagai jawaban yg ad memang haram melakukan solat2 sunnah jika masih punya tanggungan hutang yg fardho dan keharaman itu atas keterangan dri al imam ibnu hajar ....masalah cra membyar qodho'a sudah di jelaskan oleh al ustad tinta hitam......menurut ane masalah di atas sudh bsa di ktakan taslim cuman tggal nunggu dewan tahkim untuk mengetuk palunya.

========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
Kolom musawwirin:
https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/420048094822832/
Link documen :
 https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas285hukum-shalat-sunnat-sebelum-mengodok-hutang-shalat-fardho/479918678835773/?refid=18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar