Rabu, 28 Oktober 2015

doc.matas.262.SAHKAH SHALAT MAKMUM YANG HANYA MENDENGARKAN SUARA IMAM


Sultoni Arobbi
1 Januari

Assalamualykum wrb .
menyambung pertanyaan yuni sayank apakah sah ma'mum cuman mengdengarkan bacaan imam ..tanpa membca fateha ??dan apakah sah makmum membaca fateha tapi tdk sampai selesai karn imam terlalu cepat taancap gas...dan imam sudah ruku'apa lagi di solat tarawih...???

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum nya makmum membaca fateha tapi tdk sampai selesai karn imam terlalu cepat taancap gas yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudari yuni sayangkke simpulannya sebagai berikut :

Di jawab Oleh : Al-Ustad @Tinta Hitam Di upayakan baca fatihahnya bareng imam jika bacafatihahnya bareng imam makmum masih kalahcepet maka Boleh langsung melakukkan ruku’bersama imam walaupun bacaan Fatihahnyabelum selesai( apabila waktu yang digunakan imam untukmembaca Fatihah dansurat tidak mencukupi untuk digunakanmembaca Fatihah oleh makmum.)
? ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻰ ﺷﺮﺡ ﺍﻟﻤﻨﻬﺎﺝ ﺍﻟﺠﺰﺀ 2 ﺻﺤـ :227 ﻣﻜﺘﺒﺔ ﺩﺍﺭ ﺍﻟﻔﻜﺮ) ﻗﻮﻟﻪ ﻭﺇﻻ ﻓﻤﺴﺒﻮﻕ ( ﺃﻱﻓﻴﺮﻛﻊ ﻣﻌﻪ ﻭﺗﺤﺴﺐ ﻟﻪ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻭﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻣﺎ ﻳﻘﻊﻟﻜﺜﻴﺮ ﻣﻦ ﺍﻷﺋﻢﺓ ﺃﻧﻬﻢ ﻳﺴﺮﻋﻮﻥ ﺍﻟﻘﺮﺍﺀﺓ ﻓﻼ ﻳﻤﻜﻦﺍﻟﻤﺄﻣﻮﻡ ﺑﻌﺪ ﻗﻴﺎﻣﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﺠﻮﺩ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢﺓﺑﺘﻤﺎﻣﻪﺍ ﻗﺒﻞ ﺭﻛﻮﻉ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻴﺮﻛﻊ ﻣﻌﻪ ﻭﺗﺤﺴﺐ ﻟﻪﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻭﻟﻮ ﻭﻗﻊ ﻟﻪ ﺫﻟﻚ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺮﻛﻌﺎﺕ ﻓﻠﻮﺗﺨﻠﻒ ﻹﺗﻤﺎﻡ ﺍﻟﻔﺎﺗﺢﺓ ﺣﺘﻰ ﺭﻓﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺭﺃﺳﻪ ﻣﻦﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﺃﻭ ﺭﻛﻊ ﻣﻌﻪ ﻭﻟﻢ ﻳﻄﻤﺌﻦ ﻗﺒﻞ ﺍﺭﺗﻔﺎﻉﻩ ﻋﻦﺃﻗﻞ ﺍﻟﺮﻛﻮﻉ ﻓﺎﺗﺘﻪ ﺍﻟﺮﻛﻌﺔ ﻓﻴﺘﺒﻊ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﻓﻴﻤﺎ ﻫﻮ ﻓﻴﻪﻭﻳﺄﺗﻲ ﺑﺮﻛﻌﺔ ﺑﻌﺪ ﺳﻼﻡ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻫ

Tinta Hitam
Keterangan dari Kitab Minhajul Qowimhalaman 72
ﻭﻋﺒﺎﺭﺗﻪ ؛ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﻗﺪ ﺍﺳﺘﻐﻞ ﻗﺒﻠﻬﺎ ﺑﺴﻨﺔ ﻛﺪﻋﺎﺀﺍﻹﻓﺘﺘﺎﺡ ﺃﻭ ﺍﻟﺘﻌﻮﺫ ﺃﻭ ﺳﻜﺖ ﺃﻭ ﺳﻤﻊ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﻭﻏﻴﺮﻩ ﻗﺮﺀ ﻭﺟﻮﺑﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﻔﺎﺗﺤﺔ ﺑﻘﺪﺭﻫﺎ ﺍﻟﻰ ﺃﻥﻗﺎﻝ ...... ﻓﺈﻥ ﺭﻛﻊ ﻭﻟﻢ ﻳﻘﺮﺀ ﻗﺪﺭ ﻣﺎ ﻓﻮﺗﻪ ﺑﻄﻠﺖﺻﻼﺗﻪ ﺇﻥ ﻋﻠﻢ ﻭﺗﻌﻤﺪ ﻭﺍﻻ ﻓﺮﻛﻌﺔ ـ ﺍ ﻫـ ﻣﻨﻬﺎﺝﺍﻟﻘﻮﻳﻢ ﺹ ٧٢Mka

apabila ada makmum yg mnemukan waktu yg cukup untuk membaca fatihah, atau makmum masbuq yang sebelum baca fatihah ia diam, atau membaca ta'awudz kemudian ruku' beserta imam tanpa membaca fatihah secarakeseluruhan atau tanpa membaca fatihahdalam waktu kadar sewaktu dia diam, atausekedar huruf-huruf ta'awudz,maka sholatnya batal/tidak sah .Jika kurang pas mhon di prbaiki.


Abu Haidar di Tafsil:
Kalau makmum masbuk : sahKalau makmum muwafiq : tidak sah.Masbuk ialah makmun yg tidak dapat mengikuti fateha imam dgn sempurna.Muwafiq: makmum yg dapat mengikuti fateha imam dgn sempurna. Bacaan surat Fatihah di dalam shalat hukumnya wajib dan termasuk rukun shalat, berarti bagi yang tidak membaca surat Fatihah ketika shalat maka dipastikan shalatnya tidak sah.
Namun bagi makmum yang lambat dalam bacaannya maka mendapat kemudahan dengan tetap dihukumi sah shalatnya baik makmum muwafiq maupun makmum masbuq. Kalau makmum tidak sempat menyempurnakan membaca Fatihah, maka imam yang mananggung kekurangan bacaan makmum tersebut.
Dalam kondisi bacaan fatihah imam cepat maka makmum tetap harus mengikuti gerakan imam, artinya makmum tidak perlu menyelesaikan bacaan Fatihahnya kemudian menyusul imamnya, bahkan ketika imamnya ruku' maka makmum juga mengikutinya ruku' meskipun dia belum selesai dari bacaan Fatihahnya, karena dalam kondisi demikian imam menanggung sisa bacaan yang tidak sempat dia lanjutkan, dan shalat jamaahnya tetap dihukumi sah.
Seseorang dimaafkan karena bacaannya biasanya pelan-pelan/tidak bisa cepat maka bacaan Fatihahnya di tanggung imam sedang imam cepat bacaan Fatihahnya dengan catatan tidak boleh telat atau ketinggalan tiga rukun panjangnya imam dan tidak karena sibuk membaca iftitah atau ta'awwudz (misal diulang-ulang) jika imam ruku' maka ikut ruku' dengan imam maka ia mendapat satu rakaat bersama imam, namun jika tidak ruku' dan imam hendak sujud ia belum ruku' juga maka ia tidak mendapat satu rakaat bahkan ia harus langsung mengikuti imam yang hendak turun untuk sujud jika tidak maka batal atau niat mufaraqah.


========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

 EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
 Kolom musawwirin:
 https://www.facebook.com/groups/297908517036791/permalink/410245209136454/
 Link asal:
 https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas272sahkah-shalat-makmum-yang-hanya-mendengarkan-suara-imam/473020829525558/?refid=18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar