Rabu, 28 Oktober 2015

doc.matas.266. HUKUM ANAK KECIL MENUNAIKAN IBADAH HAJI



Sultoni Arobbi
18 Desember 2014

Assalamualaykum wrb.
Apa sah ank kecil melakukan ibadah haji...??

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Setelah kita musyawah bersama member MATAS dan para asatidz wal Asatidzah dan Dewan Tahkim Matas mempunyai kesimpulan bahwa hukum nya ank kecil melakukan ibadah haji yang di tanyakan oleh sahabat fillah saudara Sultoni Arobbi kesimpulannya sebagai berikut :•

Di jawab Oleh : Al-Ustad @Abdul Ghofur Masykur

ﻛﺘﺎﺏ ﺍﻟﺤﺞ ﺷﺮﻭﻁ ﻭﺟﻮﺏﺍﻟﺤﺞ ﻭﺷﺮﺍﺋﻂ ﻭﺟﻮﺏ ﺍﻟﺤﺞﺳﺒﻌﺔ ﺍﺷﻴﺎﺀ ﺍﻹﺳﻼﻡ ﻭﺍﻟﺒﻠﻮﻍﻭﺍﻟﻌﻘﻞ ﻭﺍﻟﺤﺮﻳﺔ ﻭﻭﺟﻮﺩ ﺍﻟﺰﺍﺩﻭﺍﻟﺮﺍﺣﻠﺔ ﻭﺗﺨﻠﻴﺔ ﺍﻟﻄﺮﻳﻖﻭﺇﻣﻜﺎﻥ ﺍﻟﻤﺴﻴﺮ ﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺤﺞﻭﺍﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﺤﺞ ﺧﻤﺴﺔ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡﻣﻊ ﺍﻟﻨﻴﺔ ﻭﺍﻟﻮﻗﻮﻑ ﺑﻌﺮﻓﺔﻭﺍﻟﻄﻮﺍﻑ ﺑﺎﻟﺒﻴﺖ ﻭﺍﻟﺴﻌﻲ ﺑﻴﻦﺍﻟﺼﻔﺎ ﻭﺍﻟﻤﺮﻭﺓ ﻭﺍﻟﺤﻠﻖﺍﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﻌﻤﺮﺓ ﻭﺃﺭﻛﺎﻥ ﺍﻟﻌﻤﺮﺓﺃﺭﺑﻌﺔ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ ﻭﺍﻟﻄﻮﺍﻑﻭﺍﻟﺴﻌﻲ ﻭﺍﻟﺤﻠﻖ ﺃﻭ ﺍﻟﺘﻘﺼﻴﺮﻓﻲ ﺃﺣﺪ ﺍﻟﻘﻮﻟﻴﻦ ﻭﺍﺟﺒﺎﺕ ﺍﻟﺤﺞﻭﻭﺍﺟﺒﺎﺕ ﺍﻟﺤﺞ ﻏﻴﺮ ﺍﻷﺭﻛﺎﻥﺛﻼﺛﺔ ﺃﺷﻴﺎﺀ ﺍﻹﺣﺮﺍﻡ ﻣﻦﺍﻟﻤﻴﻘﺎﺕﻭﺭﻣﻲ ﺍﻟﺠﻤﺎﺭ ﺍﻟﺜﻼﺙ•

 • Dari ibaroh tsb bs di ambil hikmah bhwa anak kecil yg blm baligh tdk wajib melaksanakan ibadah haji walaupun dia sudah mempunya biaya.

Di jawab Oleh : Al-Ustad @Tinta Hitam

Syarat baligh ini merupakan syarat wajib danbukan syarat sah. Maksudnya, anak kecil yangbelum baligh tidak dituntut untuk mengerjakanhaji,meski dia punya harta yang cukup untukmembiayai perjalanan ibadah haji ke Mekkah.

ﺭﻓﻊ ﺍﻟﻘﻠﻢ ﻋﻦ ﺛﻼﺛﺔ : ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺠﻨﻮﻥ ﺍﻟﻤﻐﻠﻮﺏ ﻋﻠﻰﻋﻘﻠﻪ ﺣﺘﻰ ﻳﻔﻴﻖ ﻭﻋﻦ ﺍﻟﻨﺎﺋﻢ ﺣﺘﻰ ﻳﺴﺘﻴﻘﻆ ﻭﻋﻦﺍﻟﺼﺒﻲ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺘﻠﻢ

Pena (kewajiban) diangkat (ditiadakan) dari tigaorang, dari orang gila sampai dia sembuh dariorang yang tidur sampai dia bangun, dan darianak kecil sampai dia dewasa (baligh).” (HR at-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Akan tetapi apabila seorang anak yang belumbaligh tapi sudah mumayyiz berangkat ke tanahsuci lalu mengerjakan semua ritual haji,makahukumnya sah dalam pandangan syariah.
Namun dalam pandangan ijma' ulama, ibadahhaji yang dikerjakannya dianggap haji sunnahdan bukan haji wajib. Konsekuensinya,manakala nanti dia sudah baligh, dia tetapmasih punya kewajiban untuk melaksanakanlagi haji yang hukumnya wajib.


Dalilnya adalah hadits Nabi SAW berikut ini :

ﺇﺫﺍ ﺣﺞ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﻓﻬﻲ ﻟﻪ ﺣﺠﺔ ﺣﺘﻰ ﻳﻌﻘﻞ ﻭﺇﺫﺍ ﻋﻘﻞﻓﻌﻠﻴﻪ ﺣﺠﺔ ﺃﺧﺮﻯ

Apabila seorang anak kecil mengerjakan ibadahhaji maka dia mendapat pahala haji itu hinggabila telah dewasa (baligh) wajiblah atasnyauntuk mengerjakan ibadah haji lagi. (HR. Al-Hakim)

Terkait dengan hajinya anak kecil, Nabi SAWpernah menjumpai seorang wanita bersamarombongan. Lalu wanita itu memperlihatkananaknya kepada beliau sambil bertanya tentanghukum kewajiban haji buat anaknya itu.

ﺃﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ rﻟﻘﻲ ﺭﻛﺒﺎ ﺑﺎﻟﺮﻭﺣﺎﺀ ﻓﻘﺎﻝ: ﻣﻦ ﺍﻟﻘﻮﻡ؟ﻗﺎﻟﻮﺍ: ﺍﻟﻤﺴﻠﻤﻮﻥ ﻓﻘﺎﻟﻮﺍ: ﻣﻦ ﺃﻧﺖ؟ ﻓﻘﺎﻝ: ﺭﺳﻮﻝﺍﻟﻠﻪ. ﻓﺮﻓﻌﺖ ﺇﻟﻴﻪ ﺍﻣﺮﺃﺓ ﺻﺒﻴﺎ ﻓﺴﺄﻟﺖ: ﺃﻟﻬﺬﺍ ﺣﺞ ؟ﻗﺎﻝ: ﻧﻌﻢ ﻭﻟﻚ ﺃﺟﺮ

Bahwa Nabi SAW bertemu dengan saturombongan di Rauha'. Beliau bertanya,"Kaliansiapa". Mereka menjawab,"Kami muslim".Mereka balik bertanya,"Siapa Anda?". BeliauSAW menjawab,"Aku adalah Rasulullah". Laluseorang wanita mengangkat seorang anak kehadapan beliau dan bertanya “Apakah hajinya(anak ini) sah?” Jawab Rasulullah, “Ya, danengkau mendapat pahala.” (HR Muslim dariIbnu Abbas).


========================================
DEMIKIAN YANG DAPAT KAMI SIMPULKAN SEBELUM DAN SESUDAHNYA KAMI MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN DAN KEKHILAFAN DAN KESEMPURNAAN HANYA MILIK ALLAH WALLAHU A'LAMU

MUSYAWWIRIN :

Member Group Majlis Ta'lim Assalafiyah( MATAS )

PENELITI :
(1).Ustadz Mhisyam Abbrori
(2).Ustadz Ach al faroby
(3).Ustadz Sultoni Arobbi
(4).Ustadzah Naila Mazaya Maya
(5).Ustadz Abu haidar
(6).Ustadz Abdul Ghafur Masykur
(7).Ustad Atama Paya.
(8).Ustad Lutfijaya

 EDITOR : Ustadz Sultoni Arobbi
 Link documen:
 https://m.facebook.com/notes/majlis-taklim-as-salafiyah-al-gasim-matas-/docmatas276-hukum-anak-kecil-menunaikan-ibadah-haji/474331429394498/?refid=18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar