Selasa, 20 Oktober 2015

doc.matas.122 . KAJIAN KITAB DALILUNNISYA' BAGIAN KETIGA(BAB HAID )

KAJIAN KITAB DALILUNNISYA' BAGIAN KETIGA


Lutfi Jaya
9 Agustus pukul 0:26
Assalamu'alaikum Warahmatullahi wabarakatu
KAJIAN KITAB DALILUNNISYA' BAGIAN KETIGA
بسم الله الرحمن الرحيم
الباب الاول باب الحيض
BAB I BAB HAED
Darah haed adalah darah yang keluar dari rahem wanita setelah sempuran umur 9 atau umur sembilan kuran 15 hari ke bawah dan keluarnya darah tersebut bukan karena penyakit dan bukan karena melahirkan.

(فرع )
Darah haed keluar dari urat paling attasnya farjik

SYARAT-SYARAT DARAH HAED
Syarat darah bisa dikatan darah haed ada tiga macam.
1. Darah yang keluar tidak kurang dari 24 jam dan apabila darahnya putus-putus maka setelah dijumlah dalam waktu 15 hari tidak nyampek 24 jam maka tidak dinamakan darah haed akan tetapi dinamakan darah istihadoh.
2. Darahnya tidak lebih dari 15 hari, apabila lebih dari 15 hari maka darah tersebut tidak dinamakan darah haed akan tetapi dinamakan darah istihadoh.
3. Suci antara dua haed tidak kurang dari 15 hari, 

apabila kurang dari 15 hari maka keluarnya lagi tersebut tdk di namakan darah haed akan tetapi dinamakan darah istihadoh. 

Contoh tanggal 1 - 5 haed tanggal 6 – 17 ampet/suci tanggal 18-25 keluar lagi maka keluarnya lagi tanggl 18 tersebut tidak dinamakan haed karena sucinya tidak sampai 15 hari.

Contoh 2 Tanggal 1-5 haed 6-9 mampet 10-15 keluar lagi 16-30 mampet maka keluarnya lagi tanggal 10 tetap dinamakan haed meskipun mampetnya hanya 4 hari (tanggal 6-9) maka haidnya disini adalah dari tanggal 1-15

Demikian dulu semoga bisa difahami dengan mudah amin amin amin ya rabbal alamin.Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar